PeACe a LonG Day.....PeACe A LoNG Day....PeACe a LonG Day

Jumat, November 11, 2011

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER


TUGAS PENULISAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 1
DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER




Disusun oleh :
SYARIF HIDAYAT
NPM : 36110785
2DB10


Dosen : LELI SAFITRI

JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
2011






DAFTAR ISI

Daftar Isi………………………………………………….……………………………………… ii
Kata pengantar…………………………………………………………………………….…  iv
BAB I. PENDAHULUAN
1.1.        Latar belakang masalah.................................................................................... 1  
1.2.        Perumusan masalah………………………………………… …………....…... 1
1.3.        Tujuan penulisan……………………………………. …………………  ….…. 1
BAB II. PEMBAHASAN
2.1.        Arsitektur Komputer…………….…................................................................. 2
2.1.1.     Peralatan input……………………....................................................................... 3
2.1.1.1.  Peralatan key driven…………........................................................................... 3
2.1.1.2.  Peralatan key offline…………........................................................................... 3
2.1.1.3.  Otomatisasi daya sumber…….......……......................................................... 3
2.1.1.4.  Rekognisi suara………………............................................................................. 4
2.1.2.     Peralatan output………………........................................................................... 4
2.1.3.    Pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder……..............…… 7            
2.2.        Software……............................................................................................................. 7
2.2.1.     Sistem operasi……………………................................................................…… 8
2.2.2.     Aplikasi………………………................................................................................9
2.3.       Peranan peralatan input dan output dalam pemecahan masalah.....10
BAB III. PENUTUP
3.1.       Kesimpulan………………………………………… ..……………………..…….. 11
3.2.       Saran……………………………………………....…………………………..…......  11
DAFTAR PUSTAKA…………………………………..……………...………........................ 12 


KATA PENGANTAR

         Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah menyampaikan rahmat serta karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas penulisan  tentang DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER ini dengan baik.
          Penulisan ini adalah salah satu persyaratan dalam penambahan nilai untuk mata kuliah Sistem Informasi Manajemen 1 jurusan manajemen informatika Universitas Gunadarma.
          Melalui penulisan ini pula, dengan segala kerendahan hati penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
  1. Ibu Leli Safitri  selaku Dosen mata kuliah Sistem Informasi Manajemen 1 yang telah berkenan menerima penulis dan memberikan bimbingan serta pengarahan sehingga terwujudnya penulisan ini.
  2. Rekan-rekan 2DB10 yang secara langsung maupun tidak langsung telah membantu dalam menyelesaikan penulisan ini.

Semoga Allah SWT membalas budi baik kepada semua pihak yang telah memberi bantuan baik moril maupun materil kepada penulis dalam menyelesaikan penulisan ini.
Penulis menyadari bahwa penulisan ini masih terdapat kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, penulis akan bersenang hati menerima segala saran dan kritik dari para pembaca demi kebaikan dan kesempurnaan tugas penulisan ini.
                   
Depok,   08  November  2011

                  Penulis


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG MASALAH
Seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan yang kita lakukan tidak bisa lepas dari komputer, hampir di segala bidang menggunakan  komputer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan komputer sebagai alat pemroses transaksi dan lain-lain. Pemrosesan komputer merupakan dasar-dasar atau langkah bagaimana sebuah komputer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user.
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

1.2. PERUMUSAN MASALAH
Pada tulisan akan dijelaskan tentang dasar-dasar komputer dan informasi mengenai CPU, unit output-input, dan software. Perhatian khusus diberikan kepada peralatan yang digunakan  secara langsung oleh pemecah masalah, yaitu terminal yang dapat di sambungkan ke komputer dalam berbagai ukuran dan keyboard serta layar microcomputer.

1.3. TUJUAN PENULISAN
Setelah mempelajari tulisan ini kita akan mempunyai pengetahuan mengenai berbagai jenis peralatan input yang dapat digunakan untuk memasukkan data kedalam komputer, maupun mengenai berbagai jenis peralatan output yang dapat mencatat/merekam hasil proses dan mengetahui katagori software.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1. ARSITEKTUR KOMPUTER
CPU merupakan tempat unit penyimpanan primer, unit aritmetik dan logis, dan unit control. Penyimpanan primer menyimpan instruksi program yang dapat dijalankan dan data yang di   proses oleh instruksi tersebut. Unit aritmetik dan logis (ALU) menjalankan operasi aritmetik dan logis yang di prakarsai oleh instruksi. Unit control menjadikan instruksi dapat dijalankan dengan urutan yang tepat.
Sistem komputer juga mempunyai satu atau lebih unit penyimpanan sekunder dan seleksi unit input dan unit output. Sistem komputer kecil hanya mempunyai beberapa unit ini dan system komputer yang lebih besar  dapat mempunyai ratusan.
Ada tiga point penting yang berhubungan dengan seleksi konfigurasi komputer tertentu. Yang pertama, seleksi didasarkan pada aplikasi yang akan dilakukan. Sebagai contoh, unit yang merupakan komputer rumah sakit akan sangat berbeda dengan yang ada di bank atau supermarket. Yang kedua, seleksi dibuat oleh pemakai, biasanya dengan bantuan spesialis informasi. Agar pemakai dapat melakukan tugas ini ia harus mempunyai pemahaman mengenai komputer maupun informasi. Yang ketiga, jika perusahaan telah menerapkan kebijaksanaan resmi mengenai manajemen sumber informasi, seleksi harus sesuai dengan kebijaksanaan tersebut.   
Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :

-          Prosesor
-          Memori
-          Penyimpanan sekunder
-          Perangkat Input
-          Perangkat Output

Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran beberapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.




2.1.1. PERALATAN INPUT
Ada empat cara dasar untuk memasukkan data ke dalam computer. Anda dapat mengoperasikan terminal keyboard yang disambungkan langsung kedalam computer, anda dapat mengoperasikan peralatan keydriven yang tidak disambungkan ke computer, data dapat dibaca secara magnetis atau optis dari dokumen atau objek, dan anda dapat  berbicara dengan komputer.

2.1.1.1. PERALATAN KEY DRIVEN
Option input yang paling terkenal sekarang ini adalah keyboard terminal atau mikrokomputer. Keduanya adalah peralatan keydriven online. Istilah online mengacu pada sambungan langsung ke CPU. Keyboard microcomputer disambungkan ke CPU dengan kawat pendek, terminal keyboard dihubungkan dengan sambungan komunikasi data, seperti jalur telepon, yang mungkin mempunyai jangkauan ribuan mil. Data yang masuk pada keyboard ditansmisikan ke penyimpanan primer, tempat ia akan diproses.
Untuk memasukkan data melalui keyboard, ada fasilitas dan peralatan lain yang dapat digunakan. Beberapa terminal dan layar mikrokomputer mempunyai kemampuan touch screen (layar sentuh). Teknologi yang sama menerapkan penggunaan light pen (pena cahaya), yaitu petunjuk elektronik yang di pegang tangan yang dapat digunakan untuk memasukkan data melalui layar. Keyboard yang lain dilengkapi dengan mouse, yaitu kotak yang berukuran sebesar kaset kecil yang dapat anda gerakkan pada permukaan yang datar.

2.1.1.2. PERALATAN KEY OFFLINE
Dimungkinkan juga untuk memasukkan data ke dalam komputer dengan menggunakan peralatan keydriven offline. Peralatan offline tidak disambungkan ke CPU, namun beroperasi dalam cara standalone. Jika peralatan offline akan digunakan untuk membuat data agar di      proses pada komputer, data harus direkam pada beberapa media komputer siap baca.  Sampai akhir tahun 1970-an option input yang paling terkenal adalah keypunch machine yang menciptakan kartu berlubang yang akan di baca oleh card reader (pembaca kartu) khusus. Mesin keypunch bersifat offline, tetapi card reader adalah online.
Penggunaan peralatan keydriven dengan segala jenisnya biasanya dianggap sebagai input bottleneck (kemacetan input), karena rendahnya kecepatan dari telunjuk operator merupakan penghalang untuk memperoleh data dari komputer.

2.1.1.3. OTOMATISASI DAYA SUMBER
Salah satu cara untuk menghilangkan kemacetan input adalah dengan membaca data secara langsung dari dokumen atau objek input. Istilah source data automation (otomatisasi data sumber) atau SDA menjelaskan cara dokumen atau objek di otomatisasi dengan pencetakan karakter, sehingga dokumen tersebut dapat dibaca oleh komputer. Ada dua teknologi yang digunakan, yaitu :

1.      Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader).
2.      Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).

2.1.1.4. REKOGNISI SUARA
Dimungkinkan juga untuk memasukkan perintah dan data ke dalam komputer dengan berbicara melalui microphone yang disambungkan ke voice recognition unit (unit rekognisi suara). Model prototype-nya dibuat pada akhir tahun 1950-an dan di produksi secara masal pada tahun 1970-an. Dua jenis unit rekognisi suara telah dirancang. Pemakai memasukkan vocabulary ke dalam speaker-dependent system dengan cara mengucapkan kata berulang kali. Dengan demikian sistem tersebut disesuaikan dengan suara pembicara. Jenis lain, yaitu speaker-independent system, dapat mengenali suara orang. Rancangannya masih diperbaharui lagi karena perbedaan aksen merupakan hambatan yang sulit teratasi. 


2.1.2. PERALATAN OUTPUT
Bentuk akhir dari pemrosesan komputer adalah beberapa bentuk output. Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu : Tulisan (huruf, angka, symbol khusus) , image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara ,dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer. Peralatan output dapat berupa: Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film dan Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver,  yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input. Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat output dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk driver, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape driver.  Peralatan ouput terbagi dari beberapa bagian, diantaranya :
  • OUTPUT YANG DITAMPILKAN
Peralatan output yang paling terkenal dengan pemakai akhir adalah display screen (layar tampilan) yang disebut CRT (cathode-ray tube). Kecepatan yang tinggi dari tampilan ini menjadi alasan utama kepopulerannya, CRT dikemas dengan keyboard untuk menghasilkan terminal CRT, yaitu peralatan yang mampu menjalankan input maupun output. Istilah VDT (visual display terminal) dan monitor juga digunakan.

  • OUTPUT YANG DICETAK
Kelemahan utama dari layar tampilan adalah ketidakmampuannya untuk menghasilkan kopi pada kertas, yang disebut hard copy. Peralatan output yang disebut printer menghasilkan hard copy. Printer pertama disebut line printer, karena ia mencetak dengan terlalu cepat, sehingga kelihatannya ia sedang mencetak garis pada saat itu.
Teknologi printer karakter yang terkenal adalah dot matrix printer yang mencetak karakter dalam bentuk titik-titik, dan daisy wheel printer yang menggunakan elemen percetakan, ink jet printer yang menyemburkan tetesan tinta pada kertas untuk membentuk bentuk karakter, dan laser printer yang menggunakan sinar laser untuk membuat percikan atau bubuk tinta menempel pada kertas, seperti dalam mesin foto kopi.
Printer dot matrix dan daisy wheel disebut impact printer, karena karakter dicetak oleh elemen pencetakan yang membuat bekas pada pita tinta. Printer ink jet dan laser adalah nonimpact printer. Printer nonimpact memungkinkan kecepatan yang lebih tinggi dan dapat menghasilkan dokumen letter quality.

  • OUTPUT GRAFIK
Beberapa pemakai komputer pertama, seperti insinyur dan arsitek perlu untuk menghasilkan output grafik. Peralatan output khusus yang di sebut Plotter dirancang untuk kebutuhan ini. Plotter baik yang disambungkan dengan CPU ataupun beroperasi secara offline, dapat menghasilkan output grafik hitam putih atau berwarna pada ukuran normal atau pada kertas yang besar.
Manajer dapat menggunakan output grafik daalam memecahkan masalah. Selain menghasilkan grafik dalam bentuk hard copy dengan menggunakan plotter atau printer grafik, grafik dapat juga ditampilkan di layar.

  • OUTPUT MIKROFILM
Perusahaan yang mempunyai file dokumen yang banyak seringkali menyusunnya dalam bentuk miniature pada film fotografik. Kata microform (bentuk mikro) digunakan oleh semua teknologi, bersama dengan istilah mikrofilm yang menunjuk film yang berada dalam bentuk kumparan dan microfiche yang menunjuk film dalam bentuk lembaran. Mungkin saja untuk merekam atau mencatat dokumen kertas satu ruangan pada sedikit kumparan microform atau lembaran microfilm yang bisa dimasukkan lagi kedalam laci. Microfilm viewer offline khusus digunakan untuk menampilkan dokumen yang di filmkan tersebut. Microfilm printer dapat digunakan untuk menghasilkan hard copy.

  • OUTPUT KARTU BERLUBANG
Beberapa konfigurasi komputer yang lebih besar menerapkan card punch unit yang membuat kartu berlubang. Satu aplikasi melibatkan pelobangan kartu, sehingga pelanggan perusahaan dapat melampirkan pembayaran yang dikirimnya. Kartu tersebut disebut turnaround document, dan ia memberi kemampuan perusahaan untuk menghindari kemacetan input ketika memasukkan data pembayaran. Ini adalah wilayah tempat OCR digunakan. Dokumen kertas yang dapat dibaca secara optis mengganti kartu berlubang sebagai turnaround document.

  • OUTPUT AUDIO
Walaupun rekognisi suara bersifat lambat untuk ditangkap, output audio telah digunakan untuk aplikasi khusus selama beberapa waktu. Audio response unit dapat menentukan kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output komputer dapat di dengar, sehingga ia bisa ditansmisikan ke seluruh saluran komunikasi. Respon audio memungkinkan digunakannya komputer sebagai sistem informasi. Jika satu-satunya alat komunikasi dengan komputer adalah telepon tombol. Sebagai contoh : wiraniaga yang berada dalam kantor pelanggan dapat menggunakan telepon pelanggan tersebut untuk menentukan status inventarisasi dari item yang akan dibeli oleh pelanggan.




2.1.2.      PEMROSESAN PUSAT DAN PENYIMPANAN SEKUNDER

  • PENYIMPANAN PRIMER
Biasanya disebut main memory, ukuran kapasitas penyimpanan primer, yaitu :

  • PENYIMPANAN SEKUNDER

v  Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
v  Hard Disk : Removable dan Non removable
v  Floppy Disk
v  Piringan Optik : CD, DVD
v  USB Flash Disk
v  Smart Card
v  Kartu memori
  • Bentuk Penyimpanan Sekunder :
v        RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
v     ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang.
v    Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.


2.2. SOFTWARE

Komputer hanya merespon kepada machine language (bahasa mesin), yaitu rangkaian angka nol dan satu yang digunakan komputer untuk menampilkan data dan instruksi. Binary coding system (sistem kode biner) ini disesuaikan dengan sifat elektronik komputer, sehingga angka satu dapat mewakili tombol elektronik yang on, dan angka nol dapat mewakili tombol yang off.



2.2.1.SISTEM OPERASI

Perangkat lunak yang melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai komputer. Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :

·        Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX.
      Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
1. Menjadwalkan Tugas
2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3. Menjaga keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan pemakaian

·         Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.

·         Penerjemah Bahasa Komputer
·         Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
·         Bahasa Generasi Kedua, Assembler
·         Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
·       Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan komputer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
-          Database Query Language
-          Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
-          Very High Level Language : PASCAL, APL
-          Graph Generators : paket grafik
-          Report Writer : COBOL, RPG
-          Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji




2.2.2. APLIKASI

Jenis dasar kedua dari software tertulis adalah software aplikasi yang memproses data perusahaan. Tiga katagori dasar telah muncul, yaitu :

  •   PAKET ACCOUNTING
Paket accounting memungkin perusahaan untuk melakukan komputerisasi sistem accountingnya. Beberapa paket melakukan pemrosesan seluruh sistem, sedangkan beberapa yang lain digunakan untuk pemrosesan subsistem tertentu, seperti penggajian, inventarisasi, dan buku besar umum. Software ini ada dalam berbagai jenis, khususnya untuk mikrokomputer.

  • PAKET INDUSTRI
Software tertulis juga telah dibuat untuk memenuhi kebutuhan, seperti industri peternakan dan pertanian, real estate, bisnis eceran, manufaktur, angkutan, dan perawatan kesehatan. Banyak dari paket industri yang hanya disesuaikan dengan prosedur accounting standart terhadap perusahaan. Namun demikian, beberapa diantaranya menyertakan program yang digunakan oleh manajer untuk pemecahan masalah. Program industri yang mempunyai kemampuan untuk pemecahan masalah adalah contoh dari subsistem MIS dan DSS dari CBIS.
  • PAKET PENUNJANG KEPUTUSAN
Kategori ketiga dari software aplikasi menyertakan paket penunjang keputusan. Ada dua jenis dasar dari paket ini, yaitu paket statistik dan paket memungkinkan manajer dapat menjalankan fungsi manajerial dasar.
Paket statistik menganalisis volume data yang besar dan menghitung statistik dasar, seperti mean aritmatika dan deviasi standart. Ia juga menggunakan pengujian (test), seperti test t dannn square chi untuk menentukan tingkat kesamaan antara berbagai rangkaian bilangan. Rountine yang lebih canggih digunakan untuk menampilkan atau memodel data dalam berbagai dimensi.
Dukungan untuk fungsi manajemen, komputer selalu melakukan fungsi terbaiknya dalam perencanaan dan pengontrolan. Ada banyak forecasting package (paket untuk meramal) yang memungkinkan manajer untuk merencanakan masa depan. Katagori lain dalam perencanaan software menyertakan project management package (paket manajemen proyek) yang memberi kemampuan manajer untuk merencanakan proyek, seperti konstruksi fasilitas baru, pengenalan terhadap produk baru, dan akuisisi komputer. Contoh yang paling tepat untuk software control adalah paket yang menghasilkan dan mengelola operating budget (anggaran operasi). Kebanyakan perusahaan mempunyai anggaran yang disiapkan tiap tahun untuk mengontrol pengeluaran. Manajer menerima laporan berkala tiap bulan yang berisi perbandingan biaya yang telah dikeluarkan dengan anggaran.
  
2.3. PERANAN PERALATAN INPUT-OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH

Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data. Beberapa paket industri mempunyai kemampuan di atas pemrosesan data. Mereka dapat menghasilkan informasi dalam berbagai bentuk dan beberapa diantaranya mempunyai kemampuan untuk membuat model. Paket ini, ditambah dengan paket penunjang keputusan, memberikan dukungan pemecahan langsung kepada manajer.




BAB III
PENUTUP

 KESIMPULAN
  • Semua komputer terdiri atas CPU, satu unit input dan unit output atau lebih, dan penyimpanan sekunder. CPU terdiri atas penyimpanan primer, ALU dan unit control. Unit input terdiri atas peralatan keydriven online, peralatan keydriven offline, MICR,  OCR reader, dan unit rekognisi suara.Jenis unit ouput begitu banyak  yang terdiri dari tampilan layar, output tercetak, grafik, microfilm, kartu berlubang, dan respon audio
  • Adapun software yang paling banyak digunakan saat ini adalah software tertulis. Ada dua jenis utama software ini, yaitu software aplikasi dan software pengembangan aplikasi. Software pengembangan aplikasi mencakup DBMS, spreadsheet elektronik, paket otomatisasi kantor, dan expert system.

 SARAN
  • Pada waktu merancang sistem berdasarkan komputer, pemakai dan spesialis informasi harus mempertimbangkan hak dari tiap elemen lingkungan dan hak dari pekerja perorangan dalam perusahaan, sehingga dapat dipastikan bahwa hak mereka ini tidak dilanggar oleh pengguna komputer secara tidak etis.








DAFTAR PUSTAKA

Sistem Informasi Manajemen, Seri Diktat Kuliah, E.S. Margianti & D. Suryadi H.S.  cetakan kedua, Mei 1995
dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id/
http://anisyahputri.blogspot.com/2010/11/v-behaviorurldefaultvml-o.html





 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar