PeACe a LonG Day.....PeACe A LoNG Day....PeACe a LonG Day

Jumat, November 12, 2010

Sistem informasi : INTERNET

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      Latar belakang masalah
Perkembangan dunia internet pada saat ini telah mencapai suatu tahap yang begitu cepat, sehingga tidak mengherankan apabila di setiap sudut kota banyak ditemukan termpat-tempat internet yang menyajikan berbagai jasa pelayanan internet. Jumlah pengguna internet yang besar dan semakin berkembang telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh atas ilmu dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google ,  pengguna diseluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, internet melambangkan penyebaran (decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim. kemudian (sekarang ini), internet telah meluas ke seluruh dunia, dari pemerintah, perusahaan besar dan kecil, LSM hingga perorangan telah banyak yang memanfaatkannya, karena kepraktisannya sebagai sarana komunikasi dan untuk pencarian informasi  Data tentang internet tahun 1998 menyebutkan bahwa e-mail telah dapat dikirim ke 150 negara lebih di dunia ini, transfer file (ftp) dapat menjangkau ke 100-an negara, dan pengguna di seluruh dunia pun diperkirakan telah sampai 60 juta-an orang, atau 5% dari jumlah total seluruh penduduk dunia.  Kemudian, berdasarkan data tahun 1999, pengguna internet di seluruh dunia hingga Mei 1999 sudah mencapai 163 juta orang.
Pada mulanya, internet sempat diperkirakan akan mengalami kehancuran oleh beberapa pengamat komputer di era 1980-an karena kemampuannya yang pada saat itu hanya bertukar informasi satu arah saja. Namun semakin ke depan, ternyata perkiraan tersebut meleset, dan bahkan sekarang menjadi suatu kebutuhan akan informasi yang tiada henti-hentinya dipergunakan.
Namun keindahan internet tidak seindah namanya yang dijanjikan dapat memberikan berbagai informasi yang ada di belahan dunia manapun, karena berbagai kejahatan yang ada di kehidupan nyata ternyata lebih banyak ditemukan didunia internet. Kejahatan di internet ini populer dengan nama cyber crime. Adanya cyber crime akan menjadi dampak buruk bagi kemajuan dan perkembangan negara kita serta di dunia pada umumumnya. Saat ini, internet telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari sebagai salah satu wahana komunikasi dalam bisnis maupun untuk privat. Tetapi di balik itu masih banyak lubang kelemahan sistem di internet yang bisa dimanfaatkan oleh para cracker untuk tujuan tidak baik, seperti bom mail, pengacak-acakan home page, pencurian data, pasword ataupun nomor kartu kredit, dll.

1.2.           Perumusan Masalah
Perumusan masalah dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui
perkembangan Internet serta menghindari ancaman dari cyber crime yang akan berdampak buruk bagi kemajuan dan perkembangan dunia Internet.          

1.3.           Batasan Penulisan
Penulisan ini dibatasi pada masalah perkembangan Internet dari saat awal diciptakan hingga saat ini.

1.4.           Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui perkembangan Internet baik dalam segi positif maupun dari segi negatif serta agar dapat mengetahui berbagai macam ancaman dari cyber crime yang akan berdampak buruk bagi kemajuan dan perkembangan internet.





1.5.           Metode Penulisan

Dalam mengumpulkan data pada keterangan-keterangan yang diperlukan untuk menyusun penulisan ini, penulis telah melakukan kegiatan :
1.                  Studi Lapangan
Yaitu mendapatkan data dengan melakukan tanya jawab dengan teman-teman serta rekan-rekan kelompok yang terlibat langsung dengan masalah yang dibahas.

2.         Studi Pustaka
Yaitu pencarian data dan pengumpulan data dengan mempelajari dari internet dan membaca buku serta bacaan yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas.













BAB II
PEMBAHASAN

2.1.           Pengertian Internet

2.1.1.     Fungsi Internet
Internet berfungsi sebagai aspek komunikasi, penyedia informasi, dan fasilitas untuk promosi. internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak di berbagai lokasi di seluruh dunia. Misalnya kita bisa kirim data atau surat dengan berbagai pihak di seluruh dunia dengan menggunakan fasilitas elektronic mail ( E-mail). Selain fasilitas electronic mail internet juga menyediakan fasilitas untuk ngobrol yang dalam internet disebut chatting. Kemampuan internet lainnya adalah usenet, yaitu forum yang disediakan bagi pengguna internet untuk berbagi informasi dan pemikiran mengenai suatu topik melalui bulettin electronic. Dengan menggunakan forum ini pengguna dapat mengirim pesan mengenai topic yang bersangkutan dan menerima tanggapan dari pihak lain.

2.1.2.     Kegunaan Internet
Quarteman dan Mitchell membagi kegunaan internet dalam empat katagori, yaitu :
v     Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.
v     Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
v     Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
v     Fungsi komunitas, internet membentuk masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia. Dalam komunitas ini pengguna internet dapat berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja, melakukan transaksi bisnis dan sebagainya. Karena sifat internet yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, maka internet sering disebut sebagai cyberspace atau virtual world ( dunia maya ).

2.2.           Sejarah perkembangan internet
2.2.1.     Sejarah internet
Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan computer sekitar tahun 1960. Apa sebenarnya jaringan computer itu ? Jaringan computer adalah beberapa computer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan computer ini berfungsi agar pengguna computer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna computer lainnya.
Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.
Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. Salah satunya adalah Universitas of California at Los Angeles (UCLA). Akhirnya tahun 1970 internet banyak digunakan di universitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini. Agar para pengguna komputer dengan merk dan tipe berlainan dapat saling berhubungan, maka para ahli membuat sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk dipakai di internet. Namanya TCP (Tranmission Control Protocol, bahasa indonesianya Protokol Pengendali Transmisi ) dan IP (Internet Protocol).

2.2.2.     Perkembangan internet
Teknologi informasi dan telekomunikasi (Information and Communication Technology / ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan menjadi awal munculnya aplikasi web adalah internet. Internet yang berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Dalam kaitannya dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa penting dalam sejarah.
Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet ( tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik ).
Perkembangan besar internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternative jalur jika salah satu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi., berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan computer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik. Internet ini memungkinkan pengguna computer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email, menghubungkan computer satu ke computer yang lain, mengirim dan menerima file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain.
Tahun 1989 Timothy Berners-Lee ahli computer dari Inggris menciptakan World Wide Web yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, musik ditampilkan dalam internet. Karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervariasi. Dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan tertentu dan dengan komponen tertentu saja. Tetapi saat ini orang yang berada dirumah pun bisa terhubung ke internet dengan menggunakan modem dan jaringan telepon. Selain itu internet banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyarakat.
Disamping manfaat-manfaat diatas internet juga memiliki efek negatif dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang ada di internet. Sehingga memungkinkan anak-anakj melihat berbagai hal yang tidak pantas untuk dilihat ataupun dibaca.
2.3.           Cara mengakses ke internet
Bila dirumah kita tidak mempunyai komputer yang terhubung dengan internet kita bisa memanfaatkan warnet ( warung internet ) atau mungkin di laboratorium komputer sekolah yang sudah terhubung ke internet untuk mencari informasi. Untuk mencari informasi atau data kamu bisa klik /tekan shortcut/gambar jika kamu menggunakan browser Internet Explorer. Kemudian isi alamat situs yang dituju pada address. Untuk mencari informasi secara cepat, gunakanlah situs pencari seperti : yahoo.com, google.com, e-smartschool.com atau yang lainnya. Setelah masuk ke situs pencari tersebut, masukkan keyword ( kata kunci ) yang dicari.

2.3.1.        Fasilitas-fasilitas pada internet
Fasilitas-fasilitas yang dapat anda manfaatkan dengan menggunakan internet, diantaranya :
·        Web adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa text, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya  yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan anda membaca data dan informasi tersebut anda dapat mempergunakan web browser seperti Internet explorer atau Netscape.
·        E-Mail (Electronic Mail), dengan fasilitas ini anda dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment).
·        Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk kelompok tertentu. Dengan fasilitas ini pula anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.
·        FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download) file yang anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer anda.



      2.3.2.        Istilah-istilah yang sering digunakan dalam internet
Ada beberapa istilah yang sering digunakan apabila anda bekerja dalam internet, diantaranya yaitu :
v     WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat anda temukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, social, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan dan sebagainya. Kita dapat mengumpamakan WWW ini merupakan perpustakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.
v     Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Diumpamakan situs web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.
v     Web Pages (Halaman Web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs Web tertentu. Diumpamakan halaman Web ini adalah sebuah halaman khusus buku dari situs Web tertentu.
v     Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs Web.
v     Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan anda melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada WWW.

2.4.           Dampak positif dan dampak negatif dari internet
2.4.1.     Dampak positif dari internet
·        Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
·        Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan WWW para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
·        Media untuk mencari informasi dan data, perkembangan internet yang pesat menjadikan WWW sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan dan akurat.
·        Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
·        Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan dan lain-lain.
·        Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

2.4.2.     Dampak negatif dari internet
·        Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornograpi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. untuk mengantisipasi hal ini para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home page yang dapat di akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak criminal. Violence and Gore kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
·        Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.

·        Carding
Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan kartu kredit) on-line dan mencatat kode kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

·        Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.



BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

3.1.           Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil pembahasan yang telah dilakukan, maka penulis menyimpulkan sebagai berikut :
·        Dalam dunia pendidikan informasi itu sangatlah penting. Apabila seorang tidak mengetahui tentang dunia yang ia geluti maka tidak ada kemajuan yang akan ia capai.
·        Sekarang banyak orang yang menggunakan internet untuk mencari sesuatu yang ia butuhkan, seperti para pelajar untuk mencari tugas-tugasnya atau pun belajar mengenai komputer.
·        Internet adalah suatu media yang paling disukai orang, baik dalam tugas maupun hiburan.

3.2.           Saran
Internet adalah suatu media di dunia maya yang memiliki kelebihan maupun kekurangan. Setiap orang pasti akan menggunakan fasilitas ini, sebaiknya fasilitas ini digunakan untuk hal-hal yang penting.
Bagi pelajar sebaiknya menggunakan internet untuk mengetahui informasi tentang Information Tecnologi ( IT ) dan perkembangan teknologi yang ada di dunia saat ini.






DAFTAR PUSTAKA

Ø      Heriyanto, Tedy. Diskusi Internet Banking LKHT FHUI BI22. Maret 2005
Ø     Raharjo, Budi. Internet untuk pendidikan, PPAUI Mikroelektronika ITB
Ø     Raharjo, Budi Handbook :Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet
Ø     sites.google.com/site/herupkru2/babv

Ø      BLOG bahan kuliah dan contoh makalah.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar