PeACe a LonG Day.....PeACe A LoNG Day....PeACe a LonG Day

Senin, November 22, 2010

UPS Montero - Solusi Listrik Padam

UPS MONTERO
Solusi Listrik Padam

Listrik sering padam? Tegangan listrik naik turun? UPS dan Stabilizer Montero solusinya. Alat ini mampu menyimpan daya listrik ketika padam hingga 45 menit, sehingga cukup bisa melakukan penyimpanan data yang sedang kita kerjakan.
Banyak macam type yang ditawarkan pada Montero UPS ini baik katagori UPS Offline atau UPS Online, UPS Montero ini sangat cocok digunakan untuk alat elektronik perkantoran (komputer, fax, dll), alat-alat laboratorium, mesin digital printing, serta alat perangkat elektronik lainnya. Mungkin kita tidak bisa membayangkan, betapa kesalnya ketika kita tengah melakukan sebuah pekerjaan penting yang sudah hampir selesai tiba-tiba aliran listrik di kantor maupun di rumah kita padam, padahal kita belum sempat menyimpan pekerjaan tersebut.
Dapat dibayangkan bagaimana perasaan kita pada saat itu. Untuk mencegah hal itu terjadi kita dapat melakukan pengaturan pada program yang tengah kita jalankan untuk melakukan penyimpanan otomatis secara berkala atau menyambungkan perangkat komputer kita ke alat UPS Montero.
Untuk mengetahui alat ini, perlu diketahui terlebih dahulu apa definisi dan fungsi UPS. UPS (Uninterruptible Power Suplly) adalah perangkat yang memasok daya listrik dari sumber utama dalam hal ini adalah PLN.
Dengan terputusnya aliran listrik secara tiba-tiba selain kemungkinan kehilangan data yang Sangat berharga ada kemungkinan lain yakni kerusakan beberapa komponen komputer  atau alat elektronik lainnya. UPS tidak dapat digunakan sebagai pemasok daya utama dan hanya boleh digunakan untuk menyimpan data apapun yang sedang kita kerjakan saat itu dan melakukan shut down komputer pada saat aliran listrik utama terputus.
UPS dapat menyediakan pasokan listrik cadangan pada saat kita butuhkan karena mempunyai kemampuan menyimpan listrik dalam baterai yang terdapat didalamnya. Komponen utama dari sebuah UPS adalah Inverter dari DC ke AC dan baterai untuk menyimpan cadangan daya.
UPS Montero (Online) sudah dilengkapi sebuah perangkat lunak yang akan secara otomatis mengatur penyimpanan data serta melakukan proses shutdown pada komputer bila suatu saat arus listrik dari pemasok utama terputus.
Manfaat lain yang diberikan UPS Montero (Online dan Offline) adalah menjaga kualitas pasokan listrik (include AVR atau stabilizer)  ke komputer dengan nilai pasokan tegangan listrik yang stabil, karena pasokan listrik dengan tegangan yang selalu berubah (naik turun) berpotensial menimbulkan kerusakan pada komponen komputer atau perangkat elektronik lainnya yang peka. Faktanya adalah bahwa 45,3% dari semua jenis kerusakan komputer terjadi disebabkan oleh gangguan listrik.   


Sumber : Seputar Digital Life - Koran SINDO

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar